Saturday, 23 August 2014

BASIC WHEEL BALANCE

KENYAMANAN BERKENDARA
Kenyamanan mengemudi sebuah kendaraan banyak bergantung pada kondisi suspensi dan roda beserta bannya.
      Bersamaan dengan makin meningkatnya kinerja / prestasi mesin-mesin modern, maka harus juga diimbangi dengan kwalitas suspensi dan roda agar mobil tersebut dapat melaju dengan optimal.
      Roda yang tidak balans, kondisi suspensi yang tidak baik dan wheel alignment yang tidak tepat akan menyebabkan jalannya kendaraan tidak stabil.
      Kenyamanan mengemudi sebuah sebuah kendaraan banyak bergantung pada kondisi suspensi dan roda beserta bannya.

BALANCING RODA
Apakah arti Balans itu ?        Balans artinya Keseimbangan
Balance adalah kondisi stabil yang didapat karena gaya-gaya yang terjadi dikompensasi. 
Gaya-gaya ini dikompensasi dengan timah balance.
Imbalance terjadi karena massa dari ban tidak didistribusikan/terbagi secara merata di sekeliling as / poros.
Massa dari Ban dan Roda terbagi tidak merata disebabkan oleh :
1. Heavy Spots --> Massa tidak terbagi merata
2. Ban/Velg tidak pada titik pusat (Centre)
Add caption








Dasar balancer



Vibratie/Getaran yang bersumber dari roda dapat disebabkan beberapa hal :
      Ketidak seimbangan statis/Static imbalace
      Ketidak seimbangan dinamis/Dinamic imbalance
      Kesalahan pemasangan naf  dan roda yang tidak centre
      Run out yang berlebihan.


Getaran yang tidak bisa diselesaikan dengan wheel balancer konvensional


STATIC BALANCE

Static balance adalah kondisi dimana berat / massa roda / ban didistribusikan sama ke semua poros, sehingga ada kecenderungan ban akan diam atau tak bergerak.












Static balance pada mesin balance hanya mengukur gaya radial yaitu gaya ke atas dan ke bawah











Pada roda yang statis tidak balans perlu ditempatkan pemberat ditempat yang berlawanan agar mengimbangi gaya ketidak seimbangan (dikompensasi).














DYNAMIC BALANCE

Dynamic balance adalah kondisi stabil saat roda berputar. Dynamic balancing mengukur gaya radial (atas dan bawah) dan gaya lateral (kiri dan kanan). 
Pada roda yang  tidak balans dinamik  perlu ditempatkan pemberat ditempat yang berlawanan di dua tempat agar mengimbangi gaya ketidak seimbangan (dikompensasi).













WHEEL ALIGNMENT
Pengaturan kombinasi sudut sudut pada roda yang besarnya harus memenuhi persyaratan tertentu agar :
  • Kendaraan berjalan lebih stabil
  • Mudah di kendalikan dan ringan sewaktu berbelok
  • Pengemudi lebih nyaman dalam mengendarai kendaraan
  • Mengurangi keausan ban 







amatjutawan.wordpress.com

No comments :

Post a Comment