KENYAMANAN BERKENDARA
Kenyamanan mengemudi sebuah kendaraan banyak bergantung pada kondisi suspensi dan roda beserta bannya.
• Bersamaan dengan makin meningkatnya kinerja / prestasi mesin-mesin modern, maka harus juga diimbangi dengan kwalitas suspensi dan roda agar mobil tersebut dapat melaju dengan optimal.
• Roda yang tidak balans, kondisi suspensi yang tidak baik dan wheel alignment yang tidak tepat akan menyebabkan jalannya kendaraan tidak stabil.
• Kenyamanan mengemudi sebuah sebuah kendaraan banyak bergantung pada kondisi suspensi dan roda beserta bannya.
BALANCING RODA
Apakah arti Balans itu ? Balans artinya Keseimbangan
Balance adalah kondisi stabil yang didapat karena gaya-gaya yang terjadi dikompensasi.
Gaya-gaya ini dikompensasi dengan timah balance.
Imbalance terjadi karena massa dari ban tidak didistribusikan/terbagi secara merata di sekeliling as / poros.
Massa dari Ban dan Roda terbagi tidak merata disebabkan oleh :
1. Heavy Spots --> Massa tidak terbagi merata
2. Ban/Velg tidak pada titik pusat (Centre)
Add caption |
Dasar balancer
Vibratie/Getaran yang bersumber dari roda dapat disebabkan beberapa hal :
• Ketidak seimbangan statis/Static imbalace
• Ketidak seimbangan dinamis/Dinamic imbalance
• Kesalahan pemasangan naf dan roda yang tidak centre
• Run out yang berlebihan.
Getaran yang tidak bisa diselesaikan dengan wheel balancer konvensional
WHEEL ALIGNMENT
amatjutawan.wordpress.com
STATIC BALANCE
Static balance adalah kondisi dimana berat / massa roda / ban didistribusikan sama ke semua poros, sehingga ada kecenderungan ban akan diam atau tak bergerak.
Static balance pada mesin balance hanya mengukur gaya radial yaitu gaya ke atas dan ke bawah
Pada roda yang statis tidak balans perlu ditempatkan pemberat ditempat yang berlawanan agar mengimbangi gaya ketidak seimbangan (dikompensasi).
DYNAMIC BALANCE
Dynamic balance adalah kondisi stabil saat roda berputar. Dynamic balancing mengukur gaya radial (atas dan bawah) dan gaya lateral (kiri dan kanan).
Pada roda yang tidak balans dinamik perlu ditempatkan pemberat ditempat yang berlawanan di dua tempat agar mengimbangi gaya ketidak seimbangan (dikompensasi).WHEEL ALIGNMENT
Pengaturan kombinasi sudut sudut
pada roda yang besarnya harus memenuhi persyaratan tertentu agar :
- Kendaraan berjalan lebih stabil
- Mudah di kendalikan dan ringan sewaktu berbelok
- Pengemudi lebih nyaman dalam mengendarai kendaraan
- Mengurangi keausan ban
amatjutawan.wordpress.com
No comments :
Post a Comment